Jumat, 21 Desember 2007

Rumah Pengetahuan dan Pengembangan Bakat

[The House of Knowledge and Talent Development]

- THoKaTD -
----------------


Disepanjang tahun 2008 terselip sebuah keinginan kuat untuk memulai proses perjalanan dalam upaya merealisasikan mimpi 'Rumah Pengetahuan & Pengembangan Bakatku [THoKaTD]' , dimana akan berawal dari sebuah praktek perpustakaan mini.

Dengan bermodalkan hanya beberapa buah buku (novel, marketing, finance, statistik, bisnis dan manajemen) kuharap dapat memberikan secercah cahaya kepada para pecinta buku, terutama generasi muda yang memiliki cita-cita kuat untuk maju. Karena kuyakin membaca merupakan tahap awal dalam membuka cakrawala berfikir manusia dan sangat efektif untuk menstimulasi tingkat intelegensi.

Tahap kedua setelah membaca dilanjutkan dengan penyelenggaraan diskusi rutin (mingguan). Komunikasi dalam sebuah diskusi yang kontinyu akan mengasah pemahaman setiap peserta akan daya serap informasi dari buku yang telah mereka baca dan juga memberikan kesempatan terhadap lahirnya perspektif lain dari segenap anggota diskusi. Apa yang seseorang pahami dengan baik, belum tentu seragam dengan apa yang dipahami oleh orang lainnya. Disinilah uniknya manusia sebagai makhluk yang pandai berfikir. Kemampuan berkomunikasi yang baik merupakan nilai tambah dari eksistensi aktivitas yang dilakukan oleh segenap warga THoKaTD. Setiap diskusi yang berlangsung diharapkan ada notulensi, yang akan berguna sebagai dokumen atau arsip pembelajaran dikemudian hari. Sukur2 bila diskusi sangat berbobot sehingga dapat dipublikasikan ke media massa. Ilmu itu setelah dikuasai sepatutnyalah disebarluaskan. Agar ia dapat mencerahkan banyak manusia. Perpendek gap yang selama ini kerap tercipta antara dunia teori dan praktek. Dengan segenap sumber daya yang ada & dimiliki oleh komunitas warga rumah pengetahuan, mereka dituntut untuk lebih kepada Action , ilmu yang sudah dimiliki wajib membawa perubahan nyata kearah yang lebih baik bagi warga pengetahuan secara khusus, maupun masyarakat sekitar secara umum.

Topik yang akan didiskusikan secara intens: marketing, finance, investment, literature, and entrepreneurship.

Hobi dari warga yang akan diprakarsai : Tanaman Hias, Olahraga (joging), Entertainment (Nonton DVD) dll

Idealnya diharapkan THoKaTD dapat berdiri ditanah yang luas dengan taman baca yang asri sehingga dapat menunjang aktivitas diskusi serta memiliki koleksi buku-buku yang berkualitas dan didukung oleh beberapa mentor yang memiliki kesamaan cita-cita untuk mendedikasikan sebagian hidupnya guna kemajuan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat luas. Sudah saatnya Bangsa Indonesia maju dengan Upayanya sendiri dan dapat mensejajarkan diri secara kualitas hidup setara dengan bangsa asing.

Demi keberhasilan program ini dalam scope rentang waktu jangka panjang, kesemuanya ini tentu tidak terlepas dari kontribusi para partisipan, simpatisan, sukarelawan, donatur , funder dan para pengajar / tenaga pendidik / peneliti.

Bagi yang berminat untuk berpartisipasi dapat menghubungi:

mas res
Email : masres@planetcinta.com
Phone : (021) 7044 3596

salam pendidikan dan kesejahteraan !

For A Better Life......

Tidak ada komentar:

 
Who links to me?