Selasa, 28 Oktober 2008

The Post Hoc Fallacy & The Fallacy of Composition

Ketika membaca kembali buku referensi kuliah dulu 'Makro Ekonomi - Samuelson & Nordhaus Edisi 14' , cukup lama saya tertarik pada sub topik Perangkap dalam Pemikiran Ekonomi , tepatnya pada isu Kekeliruan Post Hoc (Post Hoc Fallacy ) dan Kekeliruan Komposisi (Fallacy of Composition).


Cukup menggoda menggunakan ke dua istilah ini dalam konteks yang lebih luas (non ekonomi) ;)


Dalam karya asli (buku bukan terjemahan) 'Economics , Seventeenth Edition' disana ditulis tentang The Post Hoc Fallacy & The Fallacy of Composition , sbb :


The Post Hoc Fallacy

The first fallacy involves the inference of causality.

The post hoc fallacy occurs when we assume that , because one event occured before another event , the first even caused the second event. (page 5)

Fakta bahwa peristiwa A terjadi sebelum peristiwa B tidaklah lantas berarti membuktikan bahwa peristiwa A menyebabkan peristiwa B.


---> Jika Peristiwa A terjadi lebih dahulu dari peristiwa B (Peristiwa A mendahului Peristiwa B). Janganlah lantas kemudian dengan cepatnya lalu kita TARIK kesimpulan bahwasanya terjadinya peristiwa B disebabkan oleh Peristiwa A.

Sangat terbuka kemungkinan akan eksisnya faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi terjadinya peristiwa B yang mungkin lepas dari perhatian sadar kita.


Menyimpulkan bahwa 'setelah peristiwa' menunjukkan 'akibat peristiwa' adalah suatu kekeliruan post hoc.
(terjemahan , hal :7)


Bahasa gampangnya : setelah ini.....pasti deh ini..... (hati-hati ngawur ketika kita berada dalam lingkup ekonomi ;)


Pelajaran penting dari poin ini adalah jangan terlalu gegabah dalam menarik suatu kesimpulan ekonomi !


Sebagai sentilan ringan , mungkin sebagian dari kita pernah bersinggungan tentang premis mayor & minor. Khususnya bagi mereka yang telah atau sedang mempelajari bahan-bahan Tes Potensi Akademik (TPA) - penarikan kesimpulan yang dilakukan secara logika , boleh lah dikata bebas dari kesalahan post hoc ini ;)


Dari perspektif tertentu akan cukup menariklah kiranya mendiskusikan istilah Kekeliruan Post Hoc (The Post Hoc Fallacy ), baik dalam lingkup ekonomi khususnya maupun non ekonomi secara general ;p




Kemudian Perangkap dalam Pemikiran Ekonomi lainnya Yang Cukup penting Untuk Diketahui serta Dipahami Adalah Kekeliruan Komposisi (Fallacy of Composition).



The Fallacy Of Composition

Sometimes we assume that what holds true for part of a system also holds true for the whole.

In economics , however , we often find that the whole is different from the sum of the parts.

when you assume that what is true for the part is also true for the whole , you are commiting the fallacy of composition. (page 6)


Kekeliruan Komposisi (Fallacy Of Composition) terjadi bila sesuatu yang benar untuk sebagian dianggap juga benar pada keseluruhan.
(terjemahan , hal :7)



Adanya 2 macam potensi kekeliruan yang mungkin saja dilakukan sehubungan dengan terjadinya ketidakakuratan hasil analisa / kekeliruan penarikan kesimpulan atas fenomena ekonomi yang sedang marak (trend) - paling tidak memberikan penikmat serta pemerhati ilmu ekonomi sebuah wacana sehingga dapat membuatnya lebih berhati-hati serta berpandangan luas dengan tujuan menghasilkan daya pikir ekonomi yang kian berkualitas !

Tidak ada komentar:

 
Who links to me?